Selamat datang di Satrio'site

Budaya Merokok

Rabu, 01 Februari 20120 comments


Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.
Citra budaya yang bersifat memaksa membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.
Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.
Budaya merokok di kalangan pelajar
Telah terjadi perubahan pada gaya hidup pelajar, hal ini dapat kita lihat dari pola hidup mereka. Tidak ada lagi tatanan yang jelas dalam setiap komunikasi dan interaksi personal di masyarakat. Bahkan. Beberapa kegiatan yang seharusnyatidak dilakukan ternyata telah menjadi kebiasaan hidup. Kita dapat melihat hal itu pada kebiasaan merokok di kalangan pelajar.
Para pelajar kita telah kehilangan konsep hidup sehat. Mereka tidak lagi menerapkan gaya hidup sehat. Mereka banyak melakukan kegiatan yang justru mengancam kesehatan badan mereka. Kebiasaan merokok dikalangan pelajar sudah tidak dapat ditutupi lagi. Hamir semua pelajar sudah terjangkit kebiasaan merokok.
Kondisi ini memang sangat memprihatinkan, jika mereka dibiarkan terjebak pada kondisi negatif seperti ini, dikhawatirkan  pada saatnya nanti mereka kehilanagn jati diri. Kebiasaan merokok dikalangan pelajar memang sudah saatnya mendapatkan perhatian ekstra. Hal ini terkait dengan ancaman kesehatan yang semakin menurun. Jita harus ketahui bersama merokok itu menyababkan banyak kerugian , baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.
Dan, untuk mengkondisikan hal tersebut, maka salah satu caranya adalah menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan kita. Gaya hidup sehat memang merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita dari segala macam pengaruh kehidupan ini. Kita ketahui bahwa perubahan pola hidup yang serba global telah menjadikan perubahan pada setiap aspek kehidupan. Termasuk dalam hal ini pola kehidupan pelajar.
Oleh karena itu, sudah saatnya kita mencanangkan perang terhadap kebiasaan merokok dikalangan pelajar. Kita harus menerapkan peraturan yang ketat atas kebiasaan negatif para pelajar.



Referensi :
          http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
          http://www.anneahira.com/merokok-di-kalangan-pelajar.htm

Share this article :

Posting Komentar

 
Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Satrio'site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Satrio'site.blogspot.Com
Proudly powered by Blogger