Selamat datang di Satrio'site

Menggali Potensi Diri

Rabu, 01 Februari 20120 comments




Potensi diri adalah kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang baik fisik maupun mental yang dimiliki seseorang dan mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan bila dilatih dan ditunjang dengan sarana yang baik, sedangkan diri adalah seperangkat proses atau ciri-ciri proses fisik,prilaku dan psikologis yang dimiliki.
Potensi diri merupakan modal yang perlu kita ketahui. Kita gali dan kita maksimalkan. Karena sesungguhnya perubahan hanya bisa terjadi jika kita mengetahui potensi kita. Lalu mengarahkannya kepada tindakan yang tepat dan teruji. Jika itu terjadi, kita akan memiliki kepercayaan diri yang kuat untuk melakukan sesuatu dengan mantap.
Nah sekarang saya ingin menceritakan tentang potensi saya sendiri ingin menjadi apa. Saya tertarik dengan yang namanya pemograman, saya ingin menjadi seorang programmer yang hebat. Oleh karena itu saya terus mencari tahu bagaimana caranya dan apa saja yang harus dilakukan agar potensi saya tersebut dapat terwujud.
Saya mencari tahu apa saja yang berhubungan dengan pemograman, entah itu dari internet artikel, buku, ataupun bertranya pada seseorang. Memang tidak mudah mempelajari itu semua, saya akui memang belajar pemograman cukup sulit logika kita harus jalan dan mengerti tentang program yang sedang dijalankan.
Dalam mendalami potensi diri kita agar terwujud memang agak susah kalo kita hanya setengah hati melakukannya.oleh karena itu kita harus benar-benar niat mendalaminya. Masalah yang saya hadapi dalam proses mendalami potensi saya adalah rasa “malas”. Entah kenapa rasa malas itu terus muncul dan saya selalu kalah oleh rasa malas itu. Masalah yang kedua yang saya hadapi adalah keterbatasannya dana untuk membeli sebuah buku tentang pemograman.
Namun masalah-masalah tersebut bisa saya atasi sedikit demi sedikit. Saya teringat perkataan dari Mario teguh :
“Telah banyak sekali jiwa baik yang sangat berbakat, yang impian besarnya dihancurkan oleh rasa malas yang paling kecil.”
Mungkin itu adalah kata-kata sederhana, tapi efeknya besar bagi saya karena kata-kata itu memotivasi saya agar menghilangkan rasa malas. Memang susah menghilangkan rasa itu tapi sedikit demi sedikit saya berusaha menghilangkannya.
Begitulah proses saya agar potensi saya dapat tercapai. Potensi diri itu harus digali, sama seperti minyak bumi. Tidak ada minyak yang berada di atas tanah. Kita harus mencari lokasi yang tepat untuk menggali minyak. Kedalamannya pun tidak selalu sama. Ada yang cepat ditemukan, ada juga yang perlu menggali lama karena minyaknya ada jauh di kedalaman.
Tidak ada manusia yang lahir ke dunia langsung menjadi ahli di bidang tertentu. Semua harus diraih dengan proses. Jika anda sudah tahu potensi diri anda, itulah modal kesuksesan. Jika anda bisa mengembangkan potensi anda menjadi prestasi, Insyaallah kesuksesan sudah menanti.
Share this article :

Posting Komentar

 
Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Satrio'site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Satrio'site.blogspot.Com
Proudly powered by Blogger