Selamat datang di Satrio'site

PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP ILMU BUDAYA DASAR

Rabu, 02 Mei 20120 comments


Globalisasi  adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.
Pada sekarang ini kita sudah memasuki zaman globalisasi, sudah banyak sekali pengaruh yang terjadi pada zaman globalisasi ini mulai dari yang positif hingga yang negatif.
Pengaruh positif globalisasi dalam aspek sosial , ditandai dengan adanya rasa solidaritas sosial yang tiggi antarbangsa di berbagai negara . Namun sebaliknya , terdapat pula pengaruh globalisasi yang bersifat negatif yang melanda masyarakat atau bangsa Indonesia seperti sikap dan perilaku , serta gaya hidup yang meniru orang – orang barat yang bertentangan dengan norma dan nilai – nilai budaya bangsa .
Di dalam aspek Ilmu budaya dasar, globalisasi memberikan dampak positif dengan kita dapat mengambil atau belajar dari tatanan nilai ilmu budaya dasar. Yaitu:
·         Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.
·         Mudah melakukan komunikasi.
·         Cepat dalam bepergian.
·         Memacu untuk meningkatkan kualitas diri.
·         Mudah memenuhi kebutuhan.
Namun dampak globalisasipun mempunyai efek yang negatif yaitu :
·          Rasa kekeluargaan yang akan berkurang dengan adanya jiwa individualis.
·          Kesenjangan social semakin tajam.
·          Budaya-budaya tradisional kita akan tergeser oleh budaya negara lain.
·         Informasi yang tidak tersaring.
·         Perilaku konsumtif.
Pengaruh globalisasi disatu sisi ternyata menimbulkan pengaruh yang negatif bagi kebudayaan bangsa Indonesia .Norma-norma yang terkandung dalam kebudayaan bangsa Indonesia perlahan-lahan mulai pudar.Gencarnya serbuan teknologi disertai nilai-nilai interinsik yang diberlakukan di dalamnya, telah menimbulkan isu mengenai globalisasi dan pada akhirnya menimbulkan nilai baru tentang kesatuan dunia. Oleh karena itu kita harus menghindari dampak negatifnya dari globalisasi yaitu kita perlu menyeleksi kemunculan globalisasi kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negative, dan  kita  harus berati-hati dalam meniru atau menerima kebudayaan baru, sehingga pengaruh globalisasi di negara kita tidak terlalu berpengaruh pada kebudayaan yang merupakan jati diri bangsa kita.

Share this article :

Posting Komentar

 
Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Satrio'site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Satrio'site.blogspot.Com
Proudly powered by Blogger