Selamat datang di Satrio'site

Peran Internet dan Kebudayaan

Minggu, 25 Maret 20120 comments




Sekarang kita sudah tidak bisa dipisaklan dengan yang namanya teknologi. Sebab pada zaman sekarang ini teknologi sangatlah penting dan kita tidak boleh tertinggal dengan yang namanya teknologi. Apakah sekarang teknologi sudah menjadi kebudayaan?? Mungkin jawabannya adalah benar.  Contohnya saja adalah internet.
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan kebudayaan Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan search engine seperti Google, pengguna di seluruh dunia dapat mengakses Internet dengan mudah dan juga dapat bermacam-macam informasi. Dibandingkan dengan buku dan perpustakaan, Internet dapat mencari pengetahuan informasi dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara bertatap muka, kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Didalam pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government.
 Hari ini, hampir semua bank komersial telah memiliki layanan Internet Banking atau SMS Banking, yakni layanan perbankan berbasis Internet yang dapat diakses selama 24 jam. Setiap saat, kita dapat melakukan transfer, melakukan pembayaran tagihan, mengecek saldo, dan transaksi non-tunai lainnya. Selain itu, bank juga akan melaporkan semua jenis transaksi perbankan kita melalui SMS. Semua ini pada titik tertentu telah mengubah kebiasaan kita dalam bertransaksi. Kita tidak lagi harus repot-repot terjebak dalam antrian panjang hanya untuk membayar setoran listrik atau tagihan telepon bulanan.
Atau, kita dapat melihat contoh lain. Sekarang siapa sih yang tidak kenal yang namanya jejaring social di internet seperti facebook atau twitter. Hampir semua orang pasti mempunyainya, didalam jejaring social kita dapat mengobrol dengan seseorang dan juga dapat berkenalan dengan orang baru diseluruh dunia.
Ilustrasi di atas hanya merupakan sekelumit dari sekian banyak contoh yang dapat dikemukakan tentang kebudayaan internet. memang di zaman sekarang ini teknologi sudah tidak dapat dipisahkan atau mungkin memang sudah menjadi budaya kita secara tidak langsung.
Share this article :

Posting Komentar

 
Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Satrio'site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Satrio'site.blogspot.Com
Proudly powered by Blogger