Pada tulisan kali ini akan membahas tentang game Speed Game. Game ini dibuat dengan menggunakan Processing. Processing adalah bahasa pemograman dan lingkungan pemograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi.
Cara memainkan game ini cukup mudah, caranya adalah hindari bola - bola yang terpantul dengan cara menggerakkan mouse kekiri dan kekanan. Pemain akan mendapatkan nilai apabila kursor bar tidak mengenai bola - bola tersebut, apabila terkena maka permainan akan berakhir dan akan tercantum nilai yang didapat.
Berikut adalah listing program dari game tersebut dan penjelasan dari listing game Speed Game.
void setup()
{
size(1000,500);
}
boolean gameover = false ;
float ballX1 = 0;
float ballY1 = 0;
float ballX2 = 1000;
float ballY2 = 0;
float speedX1 = 5;
float speedY1 = 3;
float speedX2 = -3;
float speedY2 = -5;
int sizeball1 = 75;
int sizeball2 = 25;
int missX = 10;
int missY = 10;
int hit = 0;
int miss = 0;
int score = 0;
void draw()
{
if (!gameover){
float player = 30;
if(ballX1 < 0 || ballX1 > width) speedX1 = -speedX1;
if(ballY1 > height )
{
speedY1 = -speedY1;
float distance = abs(mouseX - ballX1);
if(distance < player) hit += 1;
else miss += 1 ;
}
else speedY1 +=1;
if(ballX2 < 0 || ballX2 > width) speedX2 = -speedX2;
if(ballY2 > height )
{
speedY2 = -speedY2;
float distance = abs(mouseX - ballX2);
if(distance < player) hit += 1;
else miss += 1 ;
}
else speedY2 +=1;
ballX1 += speedX1;
ballY1 += speedY1;
ballX2 += speedX2;
ballY2 += speedY2;
if (miss == missX)
{
speedX1 += 10;
missX+=10;
}
if (miss == missY)
{
sizeball2 += 15;
missY+=10;
}
score += 1;
background(128,0,0);
fill(250,250,250);
ellipse(ballX1, ballY1, sizeball1, sizeball1);
ellipse(ballX2, ballY2, sizeball2, sizeball2);
fill(250,250,250);
rect(mouseX-player,height-10,player,10);
fill(250);
textAlign(LEFT);
textSize(20);
text("Score : "+ score, 10,20);
//text("hit : "+ hit , 10,40);
//text("miss : "+ miss, 10,60);
if (hit == 1)
{
gameover =true;
background(0,0,0);
textAlign(CENTER);
textSize (25);
fill(250,250,250);
text ("GAME OVER", 500, 200);
text("Your Score = "+score, 500, 300);
}
}
}
Saya akan menjelaskan dari sciprt dibawah ini.
if (hit == 1)
{
gameover =true;
background(0,0,0);
textAlign(CENTER);
textSize (25);
fill(250,250,250);
text ("GAME OVER", 500, 200);
text("Your Score = "+score, 500, 300);
Script diatas menjelaskan terjadinya "Game Over". jadi maksud dari ( if (hit == 1) ) adalah bila kursor bar terkena salah satu bola maka permainan akan berakhir, karena kondisi gameover yang telah dideklarasikan diawal bersifat false menjadi true ( gameover =true; ).
Untuk merubah background dari tampilan "Game Over" digunakan script ( background(0,0,0); ), sistem pewarnaan menggunakan RGB, pada script tersebut menggunakan kode warna hitam, sehingga tampilan background menjadi warna hitam.
Untuk mengatur tulisan "Game Over" menggunakan script dibawah ini.
textSize (25);
Fungsi dari ( textAlign(CENTER); ) adalah mengatur posisi tulisan pada tengah bacground, sehingga tulisan "Game Over" terdapat ditengah. untuk mengatur ukuran font menggunakan script ( textSize (25); ), sehingga ukuran font menjadi 25.
Fungsi dari ( text ("GAME OVER", 500, 200); ) adalah membuat tulisan game over pada tampilan background. dengan posisi menggunakan koordinat x dan y. dan fungsi dari ( text("Your Score = "+score, 500, 300); ) adalah menampilkan score yang didapat dengan posisi juga menggunakan koordinat x dan y.
Berikut adalah tampilan dari Game Over.
Dan berikut adalah video yang menayangkan cara bermain dari game processing Speed Game ini.
+ comments + 2 comments
Min...
Bisa dijelaskan kegunaan dari setiap source coding nya?
gimana caranya supaya bisa di mainkan lagi tanpa harus di jalan kan ulang dari coding nya
Posting Komentar