Selamat datang di Satrio'site

Peran Robot Diera Mendatang

Rabu, 28 November 20120 comments



Seiring dengan berkembangnya zaman di indonesia pengaruh besar teknologi juga dapat dirasakan oleh banyak orang di indonesia. Banyak teknologi – teknologi yang berkembang di indonesia. Dizaman yang semakin canggih ini banyak teknologi yaang terkemuka diterapkan, seperti robot yang membantu pekerjaan manusia. Tidak menutup kemungkinan bahawa robot akan menggantikan  posisi manusia dan membantu manusia dalam pekerjaan yang sulit dilakukan. Apa yang dimaksud dengan robot?
Ada banyak defenisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai robot. Orang awam beranggapan bahwa  robot mengandung pengertian suatu alat yang menyerupai manusia, namun struktur tubuhnya tidak menyerupai manusia melainkan terbuat dari logam.(Novia, Leli, 2004). Beberapa ahli robotika berupaya memberikan beberapa defenisi, antara lain :

Robot adalah sebuah manipulator yang dapat di program ulang untuk memindahkan tool, material, atau peralatan tertentu dengan berbagai program pergerakan untuk berbagai tugas dan juga mengendalikan serta mensinkronkan peralatan dengan pekerjaannya, oleh Robot Institute of America.

Robot adalah sebuah sistem mekanik yang mempunyai fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup, atau kombinasi dari banyak fungsi gerak dengan fungsi intelligent, oleh official Japanese.

Setelah mengetahui pengertian dari robot, maka kita mengetahui bahwa robot diciptakan manusia untuk membantu pekerjaan yang sulit dijangkau oleh manusia. Terutama teknologi robot yang digunakan untuk membantu para pekerja. Fungsi mesin robot itu sendiri adalah untuk membantu manusia dalam pekerjaanya.    Contohnya :  

  •     Robot Pelayan : robot pelayan digunaka oleh tempat hiburan untuk melayani tamu, seperti memberikan pesanan  terhadap tamu , memnghibur tamu dengan menyalakan lagu atau menyalakan video , mengajak tamu bermain agar tidak bosan menunggu pesanan dan masih banyak lagi yang lainya.



  •  Robot Industri : robot industri ini digunakan oleh para pengindustri untuk membantu membuat memproduksi suatu barang. Contohnya industri perakitan mobil , industri perakitan motor, industri pembuatan makana dan minuman dalam kemasan dan masih  banyak lagi yang lainya. 



  • Robot Lalu Lintas : robot ini digunakan oleh polisi lalu lintas untuk membantu menertibkan para pengendara supaya pengendara lebih teratur dalam mengendarai kendaraanya saat diperjalanan. Contoh :  robot yang diletakan dipinggir jalan dapat mengukur kecepatan laju mobil yang sedang melaju di jalan.

          


Diatas adalah beberapa contoh robot yang kemungkinan akan ada di berbagai negara. Tidak hanya dinegara maju saja yang sudah diterapkan. Dengan seiring perkembangan zaman , disemua negara pun pasti dapat menggunakan robot sebagai alat yang dibutuhkan manusia.

Tidak hanya keuntungan saja dari memiliki sebuah robot.  Robot itu sendiri dapat menggangu keselamatan kerja, bila dipasang dengan perhitungan yang kurang matang. Keselamatan rekan sekerjanya (manusia) perlu untuk dipikirkan lebih matang. Hal ini didasarkan pada pola pemikiran yang sederhana: jangan bekerja disekitar robot, ketika dia sedang beroperasi. Penting untuk diselidiki semacam sistem pengaman khusus yang memungkinkan dia berhenti bekerja bila terjadi hal-hal yang tidak diperhitungkan sebelumnya. Sensor pada robot harus ditambahkan, untuk mencakup kemampuan ini.








Share this article :

Posting Komentar

 
Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Satrio'site - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Satrio'site.blogspot.Com
Proudly powered by Blogger