Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek.
Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai
dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di
komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa
diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai
pemodelan 3 dimensi (3D modelling).sedangkan desain Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu
yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan
membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup.
Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk membuat sebuah model obyek, semuanya memberi kontribusi pada kualitas hasil akhir. Hal-hal
tersebut meliputi metoda untuk mendapatkan atau membuat data yang
mendeskripsikan obyek, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan biaya,
kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model. Proses pemodelan
3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk
pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar,
metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai dengan
urutan proses yang akan dilakukan.
Kali ini kita akan membahas tentang fabric dalam desain
pemodelan grafik. seorang ahli komputer telah menemukan cara yang sederhana dan akurat untuk mensimulasikan
tampilan kain yang bisa mengubah cara seniman dan animator dalam film dan
industri game untuk merender pakaian yang dihasilkan komputer dan bahan
lainnya.
model ini telah memecahkan masalah yang ditimbulkan dari prose yang lama saat rendering suatu gambar. kain yang ada pada game sering terlihat salah atau kurang pas, dan pada model ini adalah cara yang praktis untuk mengendalikan penampilan sebagian besar jenis kain dengan cara yang realistis.
metode ini menagngani interaksi antara cahaya dan materi dengan pemodelan permukaan kain yang lebih realistis. metode ini melibatkan dan menciptakan mesh silinder tegak lurus yang diatur mirip dengan benang dalam material yang ditinjau.
model ini telah memecahkan masalah yang ditimbulkan dari prose yang lama saat rendering suatu gambar. kain yang ada pada game sering terlihat salah atau kurang pas, dan pada model ini adalah cara yang praktis untuk mengendalikan penampilan sebagian besar jenis kain dengan cara yang realistis.
metode ini menagngani interaksi antara cahaya dan materi dengan pemodelan permukaan kain yang lebih realistis. metode ini melibatkan dan menciptakan mesh silinder tegak lurus yang diatur mirip dengan benang dalam material yang ditinjau.
Simulasi pola tenun,
kiri ke kanan, linen polos, sutra crepe de chine dan polyester satin charmeuse
(Gambar:. Iman Sadeghi, et al / Jacobs School of Engineering / UC San Diego)
Metode ini merupakan adaptasi dari proses serupa yang
dikembangkan oleh Sadeghi yang digunakan untuk membuat rambut yang realistis ,
yang sejak itu telah digunakan di Disney mengambil dari dongeng Rapunzel ,
Tangled . Susunan silinder adalah perbedaan penting antara keduanya.
Secara signifikan fabric di komputer grafis itu sulit untuk komputasi dan berkembang terus menerus. namun fabric dapat membuat kostum yang sangat rumit. kostum juga harus dinamis berinteraksi dengan gerakan avatar. fabric yang ada dalam grafis komputer sering digunakan dalam film dan avatar game dengan kostum yang terbuat dari tekstil. menguasai teknologi sintesis fabric, kostum pada grafik komputer adalah kesempatan untuk menciptakan sistem CAD untuk merancang koleksi busana
Posting Komentar